Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar Atau Belum Online Lewat HP Dengan Aplikasi

Zaman memang sudah modern, bahkan sekarang untuk cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum bisa secara online lewat hp, apalagi android. Bisa cek tagihan listrik online lewat hp dengan salah satu aplikasi yang sangat membantu banget, aplikasi ini namanya Aplikasi Cek Tagihan Listrik.

Aplikasi ini gratis, bisa kamu download di play store dengan ukuran kecil sekali. Tapi jangan salah, meskipun dengan ukuran kecil, tapi manfaatnya sip banget. Sangat membantu kamu yang sibuk kerja dan tak ada waktu pergi ke loket atau kantor pln hanya untuk cek tagihan listrik pasca bayar sudah dibayar atau belum. Bahkan jika tagihan memang belum dibayar, kamu juga bisa mengetahui berapa rupiah tagihan kamu bulan itu.

Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download dan instal. Kemudian jalankan aplikasi, masukan nomor rekening listrik pasca bayar yang ingin di cek. Selanjutnya aplikasi cek tagihan listrik ini akan memberikan informasi dari nomor rekening listrik pasca bayar yang kamu cek. Baiklah, agar tidak bingung, perhatikan saja langkah langkah dibawah ini yang saya lengkapi dengan contoh gambarnya mulai dari awal.

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Dengan Aplikasi Cek Tagihan Listrik

1. Pertama, kamu download dulu aplikasi di Android. Cukup ketik saja "Cek Tagihan PLN", nanti kamu pilih yang seperti ini.
cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum

2. Jika sudah berhasil download dan instal. Kemudian buka aplikasinya. Bisa saya kasih lihat seperti berikut ini penampakan awal aplikasi cek pembayaran rekening listrik.
cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum

3. Sekarang masukan Nomor rekening listrik pasca bayar yang ingin kamu cek di form ID Pelanggan. Kemudian untuk periode tagihan, tentukan Bulan dan Tahun yang ingin diketahui statusnya. Jika sudah lengkap datanya, kamu tekan menu "Cek Tagihan" seperti pada gambar yang saya tandai.
cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum

4. Biarkan proses sebentar, karena aplikasi sedang mengambil data dari server pln agar bisa menyampaikan informasi yang kamu cari. Dan setelah proses, aplikasi akan memberikan data seperti ini.
cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum
  • ID Pel : Sesuai yang kamu masukan.
  • Nama : Sesuai dengan pemilik nomor rekening listrik.
  • Tarif/Daya : Sesuai dengan golongan yang digunakan pemiliki rekening.
  • Jml Tagihan : Jumlah atau nominal tagihan sesuai penggunaan pada bulan itu.
Jadi sekarang kamu sudah mendapatkan data tagihan rekening listrik. Lalu bagaimana untuk cara cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum ?. Mudah sekali, jika aplikasi menujukan jumlah atau nominal, itu artinya tagihan listrik belum dibayar. Tapi jika aplikasi menujukan data Blank pada Jml Tagihan, maka bisa dipastikan tagihan pada bulan itu sudah dibayar.

Aplikasi ini juga bisa menyimpan nomor rekening listrik atau ID Pelanggan. Jadi jika lain kali ingin mengecek tagihan listrik, tidak perlu repot mengetik ID Pelanggan, hanya tinggal buka aplikasi dan tekan Cek tagihan. Seperti ini caranya.

1. Masih pada halaman yang seperti ini, sekarang kamu tekan pada menu "Tambah Favorit". Jika bingung menu yang mana, lihat saja pada gambar yang saya kasih tanda ini.
cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum

2. Kemudian akan kembali ke halaman awal, sekarang kamu tekan pada tab "Favorit", atau bisa juga menggunan menu "Buka Favorit".
cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum

3. Yups, ID Pel sudah berhasil disimpan. Jika ingin cek tagihan nantinya hanya perlu buka aplikasi dan tekan "Pilih".
cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum

4. Kemudian data dari mengecek tagihan listrik pasca bayar pun langsung di tunjukan.
cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum

Begitulah langkah untuk menggunakan aplikasi cek tagihan listrik jika kamu ingin cek tagihan listrik online lewat hp. Sekarang kamu tak perlu pergi ke loket terdekat, cukup gunakan hp dan kamu bisa cek pembayaran rekening listrik dan mengetahui tagihan pln sudah dibayar atau belum.

Baca Juga : Bagaimana untuk membuat atau menambahkan akun google di hp android yang tugasnya untuk mengaktifkan play store berikut ini : Akun Google Baru. Langsung daftar lewat hp android yang masih baru atau baru saja di reset. Jadi sangat mudah dipahami.

Baiklah sampai disini saja bisa saya sampaikan mengenai cara cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum yang dilakukan menggunakan aplikasi cek tagihan listrik secara online lewat hp. Semoga bisa memberi kamu manfaat, dan terima kasih sudah melipir ke Blog BCBA.