Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via Online Wilayah Jatim Jateng Jabar

Tentu saja di era yang modern ini ada beberapa fasilitas yang telah disediakan secara online, salah satunya adalah kita bisa cek pajak kendaraan bermotor online. Dan kali ini, dalam blog bagaiman cara buat akun, saya akan update mengenai cara cek pajak kendaraan bermotor via online untuk beberapa wilayah.

Intinya setiap wilayah dalam masalah info pajak kendaraan bermotor, fasilitas online-nya berbeda beda. Misalnya Jatim dan Riau, maka tentu web-nya pun berbeda, bahkan untuk cek pajak kendaraan riau juga berbeda dengan cara cek info pajak kendaraan bermotor jatim. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara cek pajak kendaraan online yang berbeda beda Untuk Pulau Jawa yang khususnya Jawa Timur, Tawa Tengah dan Jawa Barat..

Cara Cek Info Pajak Kendaraan Bermotor Via Online Untuk Wilayah Jatim Jateng Jabar

#1. Info Pajak Kendaraan Bermotor Jatim (Wilayah Jawa Timur)

Jika kamu ingin mengecek pajak kendaraan via online area jatim, kamu bisa langsung masuk web resmi yang sudah disediakan khusus untuk mengetahui info dari Pajak kendaraan bermotor tersebut. Berikut ini website yang bisa kamu akses : https://goo.gl/NHOxQo, kemudian untuk contoh caranya simak dibawah ini.
  • Buka web dengan link yang sudah saya sediakan diatas. Kemudian akan terbuka halaman seperti berikut.
Info Pajak Kendaraan Bermotor Jatim

  • Kemudian masukan Nomor Polisi atau Plat Nomor dari kendaraan bermotor di Form yang sudah disediakan.
Info Pajak Kendaraan Bermotor Jatim

  • Lakukan verifikasi kode. Lihat gambar, verifikasi kode "89 + 1 =". Maka saya akan mengisi jawaban dengan benar, yaitu 90 untuk melakukan verifikasi.
Info Pajak Kendaraan Bermotor Jatim

  • Jika sudah mengisi form Nomor Polisi dan menjawab verifikasi kode, sekarang tekan Cari dan tunggu beberapa saat untuk proses pencarian data yang sesuai dengan nomor polisi tersebut.
Info Pajak Kendaraan Bermotor Jatim

  • Berikut ini adalah info pajak kendaraan bermotor dari nomor polisi kendaraan bermotor yang saya masukan.
Info Pajak Kendaraan Bermotor Jatim

#2. Info Pajak Kendaraan Bermotor Jateng (Wilayah Jawa Tengah)

Untuk mengetahui info pajak bermotor jateng, kamu bisa mengunjungi website resmi Samsat Jateng. Bisa langsung kamu klik link berikut ini : https://goo.gl/HZgNEu. Untuk contoh cara cek, bisa ikuti dibawah ini.
  • Buka halaman website resmi samsat jateng, atau gunakan link yang sudah saya sediakan diatas. Seperti ini penampakanya.
Info Pajak Kendaraan Bermotor Jateng

  • Kemudian masuk Plat Nomor atau Nomor Polisi kendaraan bermotor. Ada 3 Kolom kosong, isi dengan benar. Dan jika sudah, klik menu Submit untu proses pencarian.
Info Pajak Kendaraan Bermotor Jateng

  • Dan ini adalah hasil yang ditunjukan oleh website resm info pajak kendaraan Jateng.
Info Pajak Kendaraan Bermotor Jateng

#3. Cek Pajak Kendaraan Online Jawa Barat (Jabar).

Untuk mengecek pajak kendaraan bermotor khusus jawab barat, sayangnya tidak bisa secara online via web resmi. Namun jangan kecewa dulu, karena ada cara mengetahui pajak kendaraan bermotor lewat online tersendiri untuk wilayah jabar. Yaitu dengan cara menggunakan fasilitas SMS. Adapun cara cek pajak kendaran jabar lewat sms adalah sebagai berikut.
  • Format : INFO<spasi>Kode_Plat/1234/Seri_Plat<spasi>WARNA
  • Keterangan :
    1. Kode_Plat : Kode Plat Kendaraan sesuai wilayah profinsi jawa barat.
    2. 1234 : Nomor Plat Kendaraan.
    3. ABC : Kode Seri untuk plat kendaraan
    4. WARNA : warna kulit atau bodi dari kendaraan bermotor.
  • Kirim ke : 08112119211
Dengan format dan nomor tujuan diatas, bisa saya contohkan cek pajak kendaraan online via sms wilayah Jabar seperti dibawah ini.
  • Buat SMS baru dengan nomor hp tujuan ke 08112119211.
Cek Pajak Kendaraan Online Jawa Barat

  • Kemudian ketik sms baru sesuai dengan format tujuan. Bisa saya contohkan seperti ini.
Cek Pajak Kendaraan Online Jawa Barat

  • Jika sudah mengetik format sms dan nomor polisi kendaraan serta warna dengan benar, tekan segera tombol kirim. 
Cek Pajak Kendaraan Online Jawa Barat

  • Jika sudah berhasil dikirim ,silahkan ditunggu karena server sedang mencari data yang kamu kirimkan.
Cek Pajak Kendaraan Online Jawa Barat

  • Selang beberapa saat kemudian, akan mendapatkan balasan seperti ini. Informasi berisikan tentang pajak kendaraan bermotor sesuai dengan nomor polisi kendaraan yang di inginkan.
Cek Pajak Kendaraan Online Jawa Barat

Jadi begitulah cara mengetahui pajak kendaraan bermotor lewat online untuk pulau jawa yang dimana dibagi menjadi 3 cara sesuai dengan wilayah masing masing, yaitu Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng).

Artikel panduan yang lain : Yaitu tentang bagaimana cara untuk mendaftar akun google lewat hp dan aktifkan play store. Baca disini : Cara Mengaktifkan Play Store, Sangat lengkap dari awal dengan contoh gambarnya.

Sekian dulu sampai disini, semoga saja pembahasan mengenai cara cek pajak kendaraan bermotor via online ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan para pembaca.